09 September 2018 12:53 wib

Berdasarkan proses seleksi Beasiswa Menjadi Android Developer Expert bekerja sama dengan Google untuk Dosen yang dilaksanakan pada tahun 2018, salah satu Dosen Prodi Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan yaitu Bapak Yusuf Ramadhan Nasution, M.Kom, terpiih menjadi salah satu penerima beasiswa tersebut. Tahapan seleksi dimulai dari aktifitas dosen dalam membimbing mahasiswa dan mengikuti kelas belajar yang diberikan oleh google secara online. Setelah menyelesaikan kelas yang diberikan akhirnya terpilih dan diundang menjadi salah satu peserta Training of Trainers (ToT) Faculty Development Program Batch II 2018 yang dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin-Jum’at/ 27 s.d 31 Agustus 2018 di Hotel Santika Bandung.

Pelatihan ini merupakan bagian dari Program beasiswa kelas Menjadi Android Developer Expert oleh Google untuk 1.000 Dosen dan Mahasiswa yang diberikan oleh pihak Google untuk Indonesia. Pelatihan ini dihadiri oleh 36 dosen dari berbagai kampus negeri maupun swasta yang ada di Indonesia yang semuanya merupakan hasil dari proses seleksi yang dilakukan oleh Google. Pelatihan yang diberikan berupa praktek langsung dalam pemrograman mobile android selama 32 jam/5 hari oleh instruktur dari Google Developers Authorized Trainer dan Google Developer Expert (Dicoding). Pada pembukaan acara Bapak Aulia Faqih Rifaiselaku Developer Training Program Manager dari Google menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi dosen yang mengajar dibidang pemrograman mobile android. Setelah mendapat pelatihan diharapkan nantinya dapat mentransfer ilmu yang sudah didapat kepada mahasiswa dan juga pengembangan aplikasi mobile android di Prodi, Fakultas, maupun Universitas. Beliau juga mengatakan bahwa program ini akan terus berjalan dan kedepannya tidak menutup kemungkinan akan mengadakan road show ke kampus-kampus terpilih yang ada di Indonesia.

Pelatihan ini sangat didukung sepenuhnya oleh Prodi Ilmu Komputer ,Fakultas Sains dan Teknologi dan pihak Rektorat UIN Sumatera Utara Medan dengan mengutus tugas Bapak Yusuf Ramadhan Nasution, M.Kom sebagai delegasi dari UIN Sumatera Utara Medan untuk mengikuti pelatihan. Ketua Prodi Ilmu Komputer Bapak Mhd. Furqan,S.Si.,M.Comp.Sc juga berpesan agar dosen yang mendapat beasiswa ini serius mengikuti pelatihan dan sepulangnya dari pelatihan dapat langsung mengaplikaskan ilmu yang didapat kepada UIN Sumatera Utara Medan.