05 Juli 2018 09:44 wib

Pada Hari ini Kamis 12 April 2018 Fakultas Sains dan Teknologi menerima kunjungan peserta balai diklat KEMENAG MEDAN yang diwakili oleh Pimpinan Fakultas Sains dan Teknologi UIN-SU Medan dalam hal ini oleh ibu Wakil Dekan Bidang Administrasi umum, Perencanaan dan Keuangan Noor Azizah, M.Hum dan Bapak Kabag Tata Usaha Drs, Asy'ari, MM, Peserta balai diklat KEMENAG Medan berjumlah sekitar 30 orang diserahkan langsung oleh Bapak Drs. Suten Hasibuan, M.Pd.

Adapun kunjungan dari Peserta balai diklat KEMENAG Medan ke Fakultas Sains dan Teknologi UIN SU ialah:

1. Tata persuratan Online dengan Aplikasi paperless office (PLO) dengan Narasumber 1. Bapak Rahmat Kurniawan, M.Kom

                                                                                                                                           2. Ibu Asriani, S.Ag

2. Arsiparis ( Manual dan Online ) "Kunjungan ke Ruangan Administrasi Umum"

3. Protokoler "Wawancara dengan Ibu Asriani (Kasubbag Administrasi Umum dan Keuangan )"

Berikut Dokumentasi Kegiatan 

Terkait materi observasi lapangan ini disampaikan oleh Narasumber yang merupakan Kepala Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan bapak Rakhmat Kurniawan R, M.Kom (PIC Paperless Office) dan Kasubbag Administrasi Umum dan Keuangan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan (Penggagas Proyek Perubahan PLO sebagai peserta PIM IV Angkatan III Tahun 2017 Balai Diklat Keagamaan Medan).
Antusias peserta sangat luar biasa dalam menanggapi dari hasil paparan narasumber dalam menggunakan aplikasi Paperless Office (PLO) ini, ada beberapa pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta diklat, antara lain:
1. Bagaimana proses alur surat masuk dan cara mendisposisi melalui aplikasi PLO ?
2. Apakah hasil disposisi yang dibuat atasan/ pimpinan terlihat semua dalam aplikasi seperti disposisi manual ?
3. Apakah surat-surat yang sudah diupload ke aplikasi tersimpan oleh masing-masing pengguna atau apakah ada bank data yang akan menyimpan semua arsip surat-surat dinas tersebut ?
4. Bagaimana proses arsip dalam aplikasi PLO, dan apakah sama dengan tata arsip manual ?
5. Apakah disposisi yang sudah dibuat dalam aplikasi PLO bisa diedit kalau ada yang urgen harus dirubah ?
6. Apakah peserta bisa mendapatkan fotocopy panduan penggunaan manual aplikasi PLO ini ?
7. Bagaimana protokoler pada Fakultas Sains dan Teknologi UIN SU Medan, dan apakah ada staf protokoler di Fakultas ini ?
Kesemua pertanyaan ini terjawab dengan sangat memuaskan bagi seluruh peserta khususnya bagi peserta yang bertanya sangat begitu antusias menggali cara penggunaan aplikasi PLO yang sudah dipakai hampir 1 (satu) tahun di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sumatera Utara Medan.