Begini Ternyata Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Pada pelepasan KKN mahasiswa UINSU Pada tanggal 24 Juli 2024, di hadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara Dr. Drs. H Agus Fatoni, MSi. Rektor UINSU Prof. Dr Nuhayati, M.Ag diwakili Wakil Rektor (WR) III Prof. Dr. Katimin, M.Ag, WR II Dr. Abrar M Dawud Faza, SFil, MA, dan Wakil Rektor IV  Prof. Dr. H Muzakkir, MAg.

Hadir juga Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sumatera Utara Medan, Dr. Nispul Khoiri, M.Ag, dekan Fakultas Sains dan Teknologi. Dr. Zulham S.H.I, M.Hum, serta seluruh dekan di lingkungan UIN Sumatera Utara. Dengan mengangkat tema ” Inovasi dan Kolaborasi dalam Pembangunan : Membangun Smart University Melalui Kemitraan Strategis berbasis Kebutuhan Pemerintah Daerah”.

Peserta KKN di sebar ke 100 desa di Kab.Batubara dan 85 desa di Langkat, Sumatera Utara. Salah satu tim KKN dari Kelompok 02 Batubara, juga merupakan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi, yang di pimpin oleh pelaksana harian : Rico Almanda (Sistem Informasi), Wakil Ketua : Wahyu Rusbandi Husni Nasution (Sistem Informasi) Sekretaris : Raehanun Aisyah Fitri ( Ekonomi Islam) Wakil Sekretaris : Muhammad Reyan ( Ilmu Perpustakaan) Bendahara : Halimatu Syahdia ( PIAUD) Wakil Bendahara : Dwi Anggraini (Ekonomi Islam) dkk, melaporkan kegiatan selama KKN di lokasi.

Berikut kegiatan selama KKN tahun 2024 di Kab.Batubara, Kec. Medang Deras, Desa Durian.

1. Pelaksanaan Program Kerja Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Judi online di SMP N 1 Medang Deras.

Pemateri : Kanit Polsek Medang Deras. Sabtu, 3 Agustus 2024

2. Pelaksanaan Seminar Teknologi

Loc: SDN 06 Durian, Sabtu 03 Agustus 2024

3. Pelaksanaan kegiatan gotong royong bersama pemerintah desa, Kades, babinsa, Babinkamtibnas, masyarakat Durian dan Tim KKN 02 Batubara

4. Kegiatan jumat curhat bersama kapolsek medang Deras

5. Kegiatan pelaksanaan program kerja moderasi beragama Insya Allah akan dilaksanakan pada hari, Ahad 11 Agustus 2024 yang akan datang.

Dengan adanya kegiatan KKN ini,  dapat membantu mahasiswa dalam segala aspek, diantaranya :

• Memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengalaman mahasiswa tentang: a) Cara berfikir. b) Kegunaan hasil pendidikan dan penelitian bagi pembangunan pada umumnya dan pembangunan daerah pedesaan pada khususnya. c) Kesulitan yang dihadapi masyarakat dalam pembangunan.

• Mendewasakan pola pikir mahasiswa dalam setiap menganalisis dan menyelesaikan masalah yang ada di masyarakat secara pragmatis ilmiah.

• Membentuk sikap dan rasa cinta, kepedulian sosial, dan tanggung jawab mahasiswa terhadap kemajuan masyarakat.

• Memberikan ketrampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan program-program pengembangan dan pembangunan.

• Membina mahasiswa agar menjadi seorang inovator, motivator, dan problem solver.

• Memberikan pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai kader pembangunan.

Harapan kita kedepan dengan program KKN ini membawa dampak besar bagi kehidupan bermasyarakat, karena kerja mahasiswa selama KKN akan memberikan dampak yang berkelanjutan bagi masyarakat, terutama bagi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Teruslah maju dan jangan remehkan kemampuanmu untuk membuat sebuah perubahan !