Workshop Revitalisasi Laboratorium Fakultas Sains dan Teknologi Seluruh PTKIN Kementerian Agama RI Tahun 2024

Para Jajaran dekanat Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN Turut hadir dalam agenda tahunan Workshop Revitalisasi Laboratorium Fakultas Saintek PTKIN yang diselenggarakan oleh Kementrian RI tahun 2024. Workshop Revitalisasi Laboratorium Fakultas Saintek PTKIN yang di selenggarakan di Wyndham Surabaya merupakan agenda tahunan yang diadakan selama tiga hari penuh.

Acara ini dimulai sejak Kamis tanggal 8 sampai dengan 10 Agustus 2024. Dalam rangka memberikan penguatan bagi para pengelola Fakultas Saintekdi lingkungan PTKIN. Untuk dapat bersama – sama mengawal jalannya proses pembelajaran di Perguruan Tinggi masing-masing dengan akselerasi sarana labolatorium yang memadai.

Forum ini merupakan perkumpulan dari 15 PTKIN di Indonesia penyelenggara Fakultas Sains dan Teknologi antara lain yakni :

  1. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  2. UIN Sunan Ampel Surabaya
  3. UIN Walisongo Semarang
  4. UIN Sunan Gunung Jati Bandung
  5. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  6. UIN Sumatera Utara
  7. UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  8. UIN Jambi
  9. UIN Riau
  10. UIN Imam Bonjol Padang
  11. UIN Palembang
  12. UIN Banten
  13. UIN Sunan Kalijogo Yogyakarta
  14. UIN Alauddin Makasar
  15. UIN Saizu Purwokerto.

Forum ini resmi dibuka oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementrian Agama oleh Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag. Dalam sesi pembukaan Ibu Prof.Dr. Sri Harini sebagai ketua Forum Dekan Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN menyampaikan pentingnya kegiatan ini.

Untuk mengawal agar pembelajaran di seluruh Fakultas Saintek di lingkungan PTKIN di Indonesia, dapat berjalan dengan baik dan mampu bersaing dengan perguruan tinggi umum lainnya.

Dengan adanya, supporting program revitalisasi laboratorium di seluruh  Fakultas Sains dan Teknologi PTKIN oleh Kementrian Agama RI. Workshop ini juga memiliki agenda yaitu berupa penyampaian materi kepada para pengelola fakultas saintek dengan tujuan menambah khazanah pengetahuan selama acara berlangsung. Materi yang disampaikan antara lain sebagai berikut :

Pertama, arah kebijakan perencanaan revitalisasi laboratorium sains dan teknologi pada PTKIN, yang disampaikan oleh Dirjen Diktis Kemenag oleh Bapak Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M. Ag.

Kedua, penguatan Laboratorium Untuk Penguatan Rekognisi internasional lembaga di PTKIN yang disampaikan oleh Deputi Bidang Pembangunan Manusia,Masyarakat dan Kebudayaan BAPPENAS bapak Drs. Amich Alhumami, MA,M.Ed, Ph.D

Ketiga, yaitu Perencanaan Revitalisasi Laboratorium Fakultas Saintek yang diberikan oleh sub koordinator perencanaan Anggaran PTKI Ditjen Pendis Kemenag RI bapak Novardy, S.Kom.

Terakhir dalam agenda forum workshsop ini ditutup dengan evaluasi anggaran revitalisasi dan penantanganan nota kesepakatan seluruh Dekanat Fakultas Sains dan teknologi PTKIN.