Dimana bisa melihat agenda perkuliahan FST UINSU 2025-2026?
Agenda perkuliahan selama satu tahun akademik bisa dilihat pada link berikut
Jadwal Kegiatan Akademik UINSU Tahun Ajaran 2025-2026
Bagaimana cara mendapatkan surat keterangan aktif kuliah?
Mahasiswa mengirimkan permohonan aktif kuliah melalui email FST dengan melampirkan:
- Slip pembayaran SPP dari semester pertama sampai dengan semester terakhir.
Template surat permohonan aktif kuliah
Bagaimana cara mengajukan cuti akademik?
Mahasiswa terlebih dahulu mengajukan permohonan cuti melalui portal akademik di https://portalsia.uinsu.ac.id/.
Selanjutnya, mahasiswa juga mengirimkan permohonan cuti melalui email FST dengan melampirkan:
- Slip pembayaran SPP dari semester pertama sampai dengan semester terakhir.
Template surat permohonan cuti
Bagaimana cara mengajukan aktif kuliah kembali setelah cuti akademik?
Mahasiswa mengirimkan permohonan aktif kuliah kembali melalui email FST dengan melampirkan:
- Surat izin cuti akademik
- Slip pembayaran SPP dari semester pertama sampai dengan semester sebelum cuti.
Template surat permohonan aktif kuliah Kembali
Bagaimana cara mendapatkan surat pengantar riset/penelitian?
Mahasiswa mengirimkan permohonan riset melalui email FST dengan melampirkan:
- Slip pembayaran SPP dari semester pertama sampai dengan semester terakhir
- Proposal penelitian yang sudah disetujui oleh program studi.
Template surat permohonan riset/penelitian
Bagaimana cara mendapatkan surat keterangan tanda lulus (SKTL)?
Mahasiswa mengirimkan permohonan melalui email FST dengan melampirkan:
- Lembar berita acara lulus sidang
- Lembar pengesahan skirpsi atau jurnal
- Surat Bebas Plagiasi (Turnitin) skripsi atau jurnal
Template surat permohonan SKTL
Bagaimana cara mendapatkan surat permohonan lainnya?
Mahasiswa mengirimkan permohonan melalui email FST dengan melampirkan:
- Slip pembayaran SPP dari semester pertama sampai dengan semester terakhir
Bagaimana cara mendapatkan pengganti slip UKT yang hilang?
Mahasiswa dapat meminta slip UKT pengganti dengan mengirimkan Nama dan NIM melalui WhatsApp Helpdesk.
Jika membutuhkan slip UKT dalam bentuk cetak (hardcopy), mahasiswa dapat langsung datang ke bagian administrasi Fakultas untuk dicetak kembali.
Bagaimana cara mendaftar wisuda?
Wisuda dapat didaftarkan melalui website Si-Rasida UINSU (sirasisda.uinsu.ac.id)
Apa saja syarat mengambil ijazah dan transkrip nilai?
Mahasiswa dapat langsung datang ke bagian administrasi Fakultas dengan membawa:
- Tanda terima skripsi *)
- Surat bebas Perpustakaan UIN Sumatera Utara Medan
- Surat bebas Perpustakaan FST
- LoA Jurnal (tanda sudah publish jurnal)
*) tanda surat terima skripsi berdasarkan format program studi masing-masing
Bagaimana cara mengajukan permohonan legalisir ijazah/Transrip Akademik?
- Mahasiswa membawa fotokopi ijazah atau transkrip akademik, kemudian datang ke bagian administrasi Fakultas Sains dan Teknologi untuk mengisi formulir yang sudah disediakan.
- Legalisir diberikan gratis untuk 10 lembar pertama (5 lembar ijazah dan 5 lembar transkrip akademik).
- Jika melebihi ketentuan tersebut, dikenakan biaya Rp2.000 per lembar, yang dibayarkan melalui rekening BRI UIN Sumut dengan membawa bukti transfer

Helpdesk FST UINSU
Whatsapp : +62 889-0602-1429
Alamat Kantor
- Jl. Lapangan Golf, Desa Durian Jangak, Kecamatan Pancur Baru, Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara 20352
- Email : saintek@uinsu.ac.id
- No. Hp / Wa : +62 8527-7750-
Jam Kerja
Senin s.d. Kamis | 07.30 – 16.00
Jum’at | 07.30 – 16.30
rerwqeqrq